Thursday, March 31, 2011

Tanggapan Walhi terhadap Pemprov Godok Pergub Pertambangan

Dear all Friends,

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah propinsi kepulauan (TImor, Flores, Sumba, Alor, Lembata) dan beberapa gugus pulau kecil lainnya. Propinsi ini dikenal memiliki panorama yang cukup indah, namun dalam sudut pandang kebencanaan propinsi ini cukup rentan dengan ancaman banjir, longsor, kekeringan, keterbatasan pangan.
Karena itu tidak heran bila kemudian dalam kepemimpinan Gubernur Frans Lebu Raya ada begitu banyak program yang dirancang untuk mewujudkan NTT sebagai Propinsi Jagung, Ternak, Cendana, Garam dan mungkin masih banyak julukan. Semua itu kemudian dikenal dengan Program Anggur Merah (Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera).
Dari konteks pencanangan semua program itu tentunya pengimplementasinya membutuhkan sebuah lingkugan yang lestari. Karena pengembangan jagung, ternak, cendana semuanya tergantung pada sebuah penciptaan iklim mikro. untuk itu, program pemulihan ekologi dan pembangunan dalam konteks bio-region menjadi penting. Artinya semua pembangunan harus dilihat dalam satu kesatuan dengan alam. Tidak serta-merta pengembangan potensi sumber daya alam disekat dalam ruang lingkup garapan.
Herannya seiring dengan itu, "Pemprop NTT akan Godok Pergub Pertambangan". Mendengar dan Membaca Informasi yang dipublikasi dalam satu media lokal, pada senin 7 Maret 2011 ada pertanyaan kritis yang tercuat apakah Pergub ini akan mendukung program sebelumnya?
Karena itu, Kami dari Wahana Lingkugan Hidup Indonesia (WALHI) NTT ingin menggarisbawahi beberapa hal:
1. Bahwa kami menilai tidak ada sinergitas program yang dicanangkan Gubernur NTT. Perda Pertambangan itu mendukung pengembangan propinsi jagung, ternak, cendana karena program-program ini membutuhkan sebuah iklim mikro yang baik.
Sedangkan pertambangan akan merusak bentangan alam, hidrologi dan bahkan menyebabkan tailing yang merusak lingkungan.
2. Bahwa, kami menduga ini adalah sikap pragmatis yang mendominasi sehingga tidak didorong program-program yang bersentuhan dengan kebutuhan rakyat seperti pertanian,peternakan serta pariwisata. padahal daerah ini setiap tahun menjadi pelanggan kekurangna pangan.
3. Bahwa Gubernur NTT harus memfokuskan diri pada program yang sudah dicanangkan sebelumnya dengan melakukan pemulihan ekologi. Karena itu, perlu ada JEDA TAMBANG agar mencega kerusakan alam yang lebih luas.
4. Bahwa kapasitas Masyarakat NTT belum bisa diharap banyak untuk menjadi pengelola tambang. Karena itu bila ini dipaksakan maka Masyarkaat NTT hanya penonton, bila dilibatkan masyarakat NTT hanya sebatas pengumpul atau menjadi buruh tambang, dengan demikian seluruh pendapatan dibawa keluar daerah.
5. Bahwa NTT adalah gugus pulau kecil dan pulau suku bunga api (ring of fire) yang rentan terhadap berbagai ancaman. Tahun 2010 NTT digerogoti dengan banyak bencana yang mengorbankan masyarakat hampir di seluruh NTT, karena itu hendaknya Pemprov mencanangkan program Pemulihan ekologi
6. Bahwa alasan peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD). Berapa besar PAD yang di dapat? Semestinya yang perlu dipikirkan adalan peningkatan pendapatan masyarkaat dengan intensifikasi pertanian dan pengembangan peternakan yang masif dilakukan di NTT.

Demikian Penyampaian kami, atas perhatian diucapkan Limpah Terima kasih

Herry Naif
Manajer Program WALHI NTT


Herry Naif
March 8 at 10:47am · Unlike · Dislike · Report
You, Archer Clear, Edi Estebe, Heris Erlina Indah and 3 others like this.
Ade Muhammad Pertambangan GILA !! ... Bablasan Orde Baru (Dr.Mochtar Pabotinggi) dengan ciri ekonomi TEBANG - SEDOT - KERUK SDA
March 8 at 10:50am · Like · 2 people
Ade Muhammad turisme di Guam data resmi menunjukkan 1.4 juta sementara data lain menunjukkan 7.5 juta turis (jika dihitung dengan pasukan Amerika yang berada datang dan pergi ke pangkalan Amerika disitu). Artinya setidaknya US$ 1000 bisa ditangguk per turis artinya setidaknya US$ 1.4 milyar bisa didapat ... CASH cring cring tidak hutang atau merusak alam. bahkan alam dan kebudayaan terus lestari. NTT adalah tempat yang indah lebih indah dari Guam dengan kematangan dan ke khas an budayanya. Seharusnya bisa menghasilkan lebih dari Guam, sekali lagi tanpa merusak alam dan budayanya !
March 8 at 10:53am · Like
Ade Muhammad dalam impian saya, tidak gila jika kita menyediakan transportasi udara amphibi untuk para turis asing mengunjungi NTT setelah masuk dari Jakarta. seperti daerah turis dunia di Carribean Island.
March 8 at 11:01am · Like · 2 people
Herry Naif Pemerinah Indonesia adalah boneka neo-lib yang terus mainkan. Rakyat harus lebih cerdas dan mencari kepemimpinan alternatif.
March 8 at 11:07am · Like · 2 people
Ade Muhammad masih mending boneka, wong mereka yang dengan kesadaran ingin merusak alam kok ... bahkan ada atau tidak ada asing, mereka dengan semangat ingin menghancurkan daerah dan mengeruk keuntungannya ...
March 8 at 11:08am · Like · 1 person
Herry Naif Bung ade, semua ini terjadi karena memang tidak ada penghormatan terhadap alam. Alam benar dilihatnya sebagai makanan empuk yang harus disantap tanpa mempedulikan apa dampaknya
March 8 at 7:37pm · Unlike · 2 people
Hartin Elvi Kita tidak dpat menyalahkan siapa;... salah kita waktu pemilihan PRESIDEN ... sudah tahu dia NEO LIP...., masih dipilih ...nan kita rasakan akibatnya ... PEMERINTAH .. tidak memperhatikan lingkungan alam, laut... ekosistim rusak semua, rakyat banyak pengangguran, harga2 melambung, kelangkaan BBM di daerah2, ....semua rakyat merasakan pahit dan getir kehidupan ini, mau mengadu pada siapa ...pada rumput yang bergoyang.... bencana alam dimana2, berita TV tidak ada yg membuat hati gembira,.... PEMERINTAH & DPR sibuk dgn KOALISI , kapan kerja untuk RAKYAT mana hasil dari janji2... rakyat ingin hidup yg layak....kapan ..?
March 8 at 7:45pm · Unlike · 2 people

No comments:

Post a Comment