Thursday, March 31, 2011

Pendidikan Berbasis Ekologi di Kabupaten Flores Timur - NTT

Dear All Friends,

Dari Mitologi Lamaholot, Lahirlah Pendidikan Berbasis Ekologi di Kabupaten Flores Timur - NTT


Kabupaten Flores Timur merupakan sebuah kabupaten kepulauan di NTT (Adonara, Solor dan Flores Daratan). Daerah ini pun memiliki dua gunung api yang masih aktif, Lewotobi (Flores daratan) dan Ile Boleng (Adonara. Tak heran daerah ini, diidentifikasi sebagai kawasan rentan bencana gunung api. Dan salah satu ancaman yang sering dihadapi masyarakat adalah kekurangan air bersih yang hampir sama dengan daerah kepulauan lain di NTT.
Untuk itu dibutuhkan ekstra perhatian dalam upaya perlindungan ekologi agar terpeliharanya kekayaan yang tersisah. Apalagi bumi sedang dilandai serangkain fakta pemanasan global dan perubahan iklim yang dari waktu ke waktu mulai terasa. Tentunya fakta ini akan berdampak buruk terhadap eksistensi kehidupan masyarakat flores Timur.

Berpijak pada pemikiran itu, Yayasan Tana Ile Boleng (YTIB) Adonara salah satu anggota WALHI NTT, berupaya untuk mendorong dan mendukung peningkatan kemampuan anak dalam menghadapi berbagai ancaman bencana yang ada. Bahwa keselamatan bumi dan pendidikan bagi anak diimplementasikan secara kongkret dalam kurikulum mutan lokal (MULOK) sehingga nilai perlindungan ekologi sejak dini dilakukan.


Salah satu kegiatan yang telah dilakukan oleh Yayasan Tana Ile Boleng (YTIB) adalah diterbitkanya buku; Nitun Waimatan, Mitologi Lamaholot tentang Saudari Air atas kerja sama YTIB dan Penerbit Ledalero (2009). Buku ini difokuskan bagi anak usia sekolah dasar yang berisikan cerita kearifan lokal tentang perlindungan ekologi dan beberapa fakta perlindungan sumber mata air sebagai pembelajaran menarik. Selain itu, buku ini diterbitkan sebagai simbol kepedulian YTIB yang hampir beberapa tahun terakhir melakukan advokasi Perlindungan Sumber Mata air. Bukan sampai pada penerbitan buku ini saja, namun YTIB kemudian mendorong dan menawarkan sebuah konsep bagi Pemerintah Flores Timur untuk melihat bahwa Sistem Pendidikan Berbasis Ekologi menjadi hal yang sungguh urgen. Karena itu, Peluncuran (Lounching) buku Nitun Waimatan, Mitologi Lamaholot tentang Saudari Air, mendorong YTIB dan Dinas PPO Kabupaten Flores Timur untuk mendorong Pendidikan Berbasis Ekologi, demikian dikisahkan Vero Lamahoda (Direktris YTIB)

Kegiatan Pendidikan berbasis ekologi sedang dilakukan hanya saja ada beberapa keterbatasan dalam perbanyakan buku penuntun. Namun itu tidak mengurangi niat baik kami.Diharapkan dengan peran serta anak-anak dalam mempelajari Pentingnya perlindungan Ekologi diharapkan akan menjadi prioritas dalam Sistem Pendidikan di Kabupaten Flores Timur yang kemudian menjadi pembelajaran publik di NTT dan Indonesia, ujarnya.

Bahwa Anak-anak adalah penerus bangsa masa depan. Itulah julukan yang selalu didengungkan sebagai simbol dukungan dan wujud penghormatan bagi anak. Dan ini akan terus dilitanikan setiap generasi selama proses berlangsungnya penyelenggaraan suatu negara. Negara dinilai kehilangan jati dirinya bila anak-cucu tidak dipersiapkan secara matang dalam banyak aspek kehidupan.

Tidak dipungkiri pula bahwa ini menjadi harapan besar negara demi terciptanya keberlangsungan kehidupan generasi yang berkualitas. Apalagi Secara geologis dan geografis, Indonesia merupakan wilayah yang mempunyai potensi ancaman bencana cukup tinggi. Ini akan mempengaruhi perkembangan dan keselamatan anak. Namun di tengah ancaman itu, kondisi geografis ini juga membawa berkah yang mana dianugerahkan keanekaragaman hayati yang paling kaya di dunia baik di darat maupun laut. Kekayaan keanekaragaman hayati itu terpateri sebuah harapan dari masyarakat Indonesia agar terlaksananya sebuah pengelolaan yang memakmurkan dan berkeadilan. Selain itu, keselamatan bumi kaya ini hendaknya terus dipelihara sehingga terus memberi berkah bagi generasi pewaris, demikian jelas putri Adonara yang sejak tahun 1990-an menjadi aktivis sosial.

Pulihkan NTT, Utamakan Keselamatan Lingkungan dan Rakyat!

Untuk Informasi lebih lanjut:
Hubungi
Vero Lamahoda (Direktris YTIB) Adonara
Hp. 0852 3980 6568
atau
Herry Naif Manajer Program WALHI NTT
email: herrynaif@yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment